Kenali Permasalahan pada AC dan Cara Memperbaikinya

1. AC MATI TOTAL

Ada dua kemungkinan apabila AC mati total atau tidak mau beroperasi sama sekali, yaitu tidak ada arus listrik yang masuk ke AC atau PCB yang rusak. Mari kita selidiki kasus ini dan cara menanganinya :

-Tidak ada arus listrik yang masuk ke AC.
Cara mengecek adanya arus listrik atau tidak ada arus listik yang masuk ke dalam AC, bisa dilakukan dengan cara berikut ini :
1.Periksa Stop Kontak pemutus arus dengan menggunakan Tespen, apakah afa arus listrik yang masuk atau tidak.
2.Silahkan cek pada sekering(fuse) pada stop kontak listrik, apakah putih atau tidak , jika ada yang putih bisa diganti dengan sekering yang baru dengan ukuran yang sama.
3.Periksa Kabel Listrik yang ada di Indoor menuju outdoor, biasanya ada yang putus atau rusak terbakar, jika kabel sudah tidak layak segera perbaiki dengan kabel yang baru.

2. PCB Rusak atau Error

Apabila mengalami PCB rusak atau error pada display LCD indicator menampilkan tulisan (err), (po), (pl). Sedangkan pada unit AC yang tidak menggunakan LCD display indicator nyala lampu LED pada indicator AC nyala secara tidak normal. Biasanya nyala pada lampu LED indicator menyala tidak normal berkedip kedip ,segera lakukan reset atau menetralkan kerja AC, dengan cara mematikan atau memutuskan arus listrik utama copot kabel aliran listriknya, tunggu beberapa menit, kemudian bisa dinyalakan kembali.
– Dibagian Indoor cek Fuse.
– Cek semua kabel kabel yang ada pada PCB atau Modulnya.
– Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi masih belum bisa kembali normal, cek PCBnya, ganti PCB dengan yang baru yang sesuai dengan spesifikasi AC tersebut, atau bisa menggunakan PCB universal.
– Apabila pada waktu AC di nyalakan , kondisi lamu timer berkedip kedip pada indicator unit indoor, maka ini bisa disebabkan thermos yang ada pada komponen PCB rusak. Cara mengganti nya adalah ganti thermis dengan yang baru letak thermos ada di evaporator yang kabelnya berwarna hitam yang dihubungkan ke komponen PCB.

3. AC TIDAK DINGIN

Pada kasus saat ini banyak yang bertanya mengapa AC saya tidak dingin? Padahal AC beroprasi normal namun hanya udara angin saja yang keluar, tidak ada kesejukan sama sekali. Ada beberapa hal yang harus di cek terlebih dahulu.
Pertama, cek pada remote control, coba anda cek Mode apakah yang terdapat pada settingannya sesuai atau tidak.
Kedua, Kompresor tidak bekerja. Pada saat menyalakan AC, pada unit outdoor biasanya sering terjadi hanya kipas pada outdoor yang berputar, tetapi kompresornya tidak bekerja. Pada kasus ini ada dua yang harus di cek terlebih dahulu, yang pertama periksa arus listrik yang melewati kompresor , untuk mengecek arus yang masuk pada kompresor gunakan tang ampere , nanti akan terlihat bahwa arus listrik pada kompresor tidak bekerja. Kemudian Cek Tekanan Freon ( Refreigeran) didalam pipa, untuk mengecek tekanan Freon di dalam pipa bisa menggunakan Charging Manifold.
Setelah mengecek arus listrik dan tekanan Freon, maka langkah selanjutny yaitu :
-Cek Kapasitor Kompresor masih baik atau sudah rusak, jika rusak buanglah pada tempatnya dan segera ganti dengan yang baru.
-Periksa kabel listrik yang ada pada bagian outdoor , apakah masih bagus atau sudah rusak.
-Cek Kipas Outdoor, jika kipas outdoor berputar lemah berarti capacitor Fan yang lemah.
– cek putaran kipas dengan tangan putar-putarkan lancer atau tidak, Jika tidak lancer berarti Bearing kipas outdoor macet, segera ganti yang baru, jika tidak diganti kompresor akan panas karena tidak dapat pendinginan yang maksimal, sehingga bisa overload akan panas dan memutus arus listrik ke kompresor.

4.Kipas Outdoor tidak berputar, tapi Kompresor bekerja

-Didalam unit outdoor periksa bearing motor kipas
-Cek Capasitor fan masih baik atau sudah tidak bisa di gunakan.
-Pada kipas outdoor fungsinya adalah untuk mendinginkan Condensor dan mempercepat pelepasan panas pada Freon.

5. KOMPRESOR tidak bekerja dan Kipas Outdor Tidak Bekerja

-Pada bagian PCB indoor terdapat Thermistor , jika thermistor rusak bisa menyebabkan memutuskan arus listrik ke outdoor sehingga kompresor dan kipas tidak bekerja.
-Cek kembali pada remote control, apakah modenya sudah benar sesuai settingan.

6. Kebocoran

Kebocoran pada bagian Naple pipa bisa mengakibatkan Freon habis terbuang, sehingga Ac tidak bisa dingin. Sehingga harus memperbaiki sambungan pipa naple dan mengisi Freon kembali.

7. AC NORMAL, TAPI KURANG DINGIN

-Tekanan Freon yang berkurang
-Embusan udara blower indoor lemah
-ruangan terlalu besar dan dihuni banyak orang, sehingga kurang maksimal kinerja ac tersebut.

 

Silahkan Share!

    Tinggalkan komentar